Mudik Aman Dengan Memanfaatkan Asuransi Kendaraan

7 Jul 2014

Mudik sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia menjelang hari raya idul fitri. Sebagai sebuah kebiasaan yang unik, saking uniknya ternyata mudik besar besaran menjelang ramadhan hanya terjadi di negeri ini. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dalam negeri ataupun yang berasal dari luar negeri. Tidak hanya perseorangan yang memberikan perhatian khusus pada masalah mudik, namun pemeraintah, pelaku usaha dan masyarakat dari segala tingkat memiliki kepentingan di dalamnya. Mudik, terlepas dari segala permasalahan yang melatarbelakanginya memang menjadi fakta menarik. Salah satu fakta menarik yang layak kita bahas lebih detail adalah masalah keamanan selama mudik.

Permasalahan keamanan dipandang penting, karena mudik tak akan ada artinya ketika faktor keamanan diabaikan oleh manusia. Keamanan dan keselamatan selama mudik adalah segala galanya dan hal ini menjadi keinginan semua orang orang yang menjalani mudik. Ada banyak cara yang bisa kita tempuh supaya perjalan mudik yang kita lakukan ‘lebih banyak selamatnya daripada tidak amannya’. Sengaja sebaris kalimat ini penulis beri tanda kutip , karena memang tak ada satupun manusia yang bisa menjamin keselamatan seseorang ketika mereka mudik. Lalu apa saja langkah terbaik yang harus kita lakukan supaya faktor keamanan lebih berpihak kepada kita selama mudik ?

Dari sekian banyak pertimbangan maka penulis memiliki anggapan jika asuransi kendaraan bisa menjadi solusi terbaik untuk menekan resiko sehingga keamanan lebih berpihak kepada para pemudik yang memakai jasa asuarnsi kendaraan. Oleh karena itu sebelum pembaca melanjutkan artikel lebih jauh mari kita renungkan beberapa manfaat asuransi bagi manusia sebagaimana yang terinci berikut ini :

Manfaat asuransi kendaraan dalam hidup manusia sangatlah penting. Hal ini didasarkan pada banyak fakta ketidaktsiapan manusia ketika mereka mengalami masa masa drop yang tak pernah mudah untuk dilewati. Saat saat kita terkena musibah atau dihadapkan pada kebutuhan yang memerlukan jumlah uang besar maka saat itulah pikiran banyak orang akan terbuka betapa bermanfaatnya asuransi.

Kalau dirinci satu persatu maka manfaat asuransi kendaraan akan sangat banyak. Tidak hanya puluhan, namun ada ribuan manfaat yang diperoleh ketika kita masuk asuransi. Asurani tidaklah identik dengan dana kematian ketika kecelakan terjadi, bukan pula dana untuk persiapan upacara pemakaman jenazah. Sebab orang yang mati pada dasarnya tidak memerlukan uang dalam jumah besar, namun keluarga yang kita tinggalkan pasti akan memerlukan uang untuk melanjutkan kehidupan mereka. Asuransi tak bisa lagi dipahami hanya sekedar tabungan untuk orang lain, jangan sampai kita punya pemikiran ngapain repot repot masuk asuransi kalau nantinya dana yang kita tabung tak pernah bisa kita nikmati dengan maksimal.

Menikmati manfaat asuransi tidak harus menunggu terjadinya kecelakaan, karena kita pasti sepakat tak pernah mau mengalami kecelakaan manakala itu ditawarkan kepada kita. Tak ada yang mau menerima musibah kecuali dengan keterpaksaan. Saat kita masuk asuransi dan menabungkan uang yang kita miliki pada perusahaan asuransi maka bukan berarti karena kita ingin mengalami kecelakaan. Bukan pula karena kita ingin mati lebih cepat, karena kematian menjadi hak penuh dari Tuhan yang tak bisa diganggu gugat oleh manusia. Orang orang yang masuk asuransi adalah orang yang ingin memperkecil resiko dan menyiapkan diri pada kemungkinan buruk dimasa depan. Dimana yang namanya kemungkinan buruk bisa terjadi pada siapa saja, berapapun umurnya dan sekuat apapun kedudukannya.

Manfaat yang paling nyata dari asuransi adalah akan mampu memindahkan resiko dan beban berat yang kita alami ke perusahaan. Ketika kita masuk asuransi dan pada saat tertentu ada hal buruk yang terjadi pada kita maka kita bisa mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi pilihan kita. Untuk itu kita pun mesti berhati hati dalam memilih perusahaan asuransi, karena ada beberapa perusahaan asuransi yang punya prosedur ribet ketika kita mengajukan klaim. Kesalahan dalam memilih perusahaan asuransi bisa sangat merugikan kita dimasa masa yang sangat dibutuhkan. Sebab dari dana klaim asuransi inilah kita bisa terbantu untuk mengatasi masalah atau resiko yang mesti ditanggung.

Salah satu perusahaan asuransi yang telah mendapatkan kepercayaan dari berbagai kalangan adalah asuransi kendaraan dari astra dengan produk unggulannya yang bermana Garda Oto. Sebagaimana disebutkan dalam www.asuransiastra.com, garda oto hadir dengan memberikan beragam perlindungan untuk kendaraan roda empat beserta keuntungan dan manfaat yang akan diperoleh oleh pemegang polis asuransi.

Garda Oto menyediakan dua macam kondisi perlindungan atas kendaraan bermotor (roda 4) yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda, yaitu:

Comprehensive

Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian (Partial Loss) maupun keseluruhan (Total Loss), yang diakibatkan oleh semua risiko sepanjang tidak dikecualikan dalam polis.

Total Loss Only (TLO)

Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan keseluruhan, hanya jika biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian, serta menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.

Katakan seandainya anda adalah salah satu orang yang mudik tahun ini dan diluar dugaan anda mengalami kecelakaan ringan/berat ketika sedang mengendarai mobil maka sebagai pemegang polis asuransi kendaraan dari garda oto anda akan mendapatkan fasilitas dan manfaat perlindungan yang dijanjikan. Anda tinggal mengurus klaim pada garda oto dengan memberikan dokumen pendukung seperti mengisi Laporan Kerugian dan telah ditandatangani tertanggung,fotokopi Polis Asuransi,fotokopi STNK Kendaraan,fotokopi SIM Pengemudi,keterangan dari kepolisian setempat dan surat tuntutan dari pihak III jika terdapat tuntutan dari Pihak III

Dengan membaca dan menganalisan uraian mengenai manfaat asuransi agar mudik anda semakin aman maka tak akan terlalu berguna jika kita tak segera mengambil tindakan untuk masuk dalam asuransi secepatnya. Tak cukup dengan mengatakan besok atau nanti saya akan masuk asuransi, namun kita harus menetapkan dengan pasti kapan akan masuk dan memilih perusahaan asuransi yang tepat. Garda Oto, sebagai asuransi kendaraan terpercaya, sangat layak kita pilih, sebab ada banyak manfaat dan keuntungan yang kita peroleh ketika memilih takaful untuk rencana masa depan keluarga. Semoga dengan menjadi salah satu nasabah asuransi kendaraan maka mudik anda akan lebih tenang, nyaman dan aman. Terima kasih


TAGS bisnis ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me