7 Shalat Sunat Yang Paling Sering Dilakukan Umat Islam

18 Nov 2013

Shalat sunat yang sering dilakukan oleh umat islamAssalamu’alaikum sahabat blogterselubung.blogdetik.com, sebagai umat yang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW, tentunya kita akan berusaha meneladani beliau sesuai dengan pemahaman yang kita miliki. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menjalankan ibadah sunnah seperti yang telah dilakukan oleh Rasululloh SAW dimasa lalu. Kita memang tak bertemu langsung dengan beliau tetapi sungguh kita termasuk orang orang yang beruntung bisa meyakini ajaran kebenaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, hanya orang orang yang telah mendapat hidayah saja yang bisa menerima kebenaran risalahnya. Dan sebagai tambahan ilmu maka saya bagikan 7 nama shalat sunat yang paling sering dilakukan oleh umat islam di seluruh dunia, ketujuh shalat sunat yang sangat populer ini terinci dalam uraian berikut ini :

Pertama, shalat tahajud. Merupakan shalat sunat yang selalu dikerjakan oleh Rasululloh saw sepanjang hayatnya. Beliau selalu bangun malam untuk menunaikan shalat tahajud ini. Dalam salah satu haditsnya beliau pernah bersabda ‘andai saja shalat ini (tahajud) tak memberatkan umatku maka niscaya akan aku wajibkan’. Bagi beliau shalat tahajud adalah wajib hukumnya, sementara untuk umatnya maka tahajud merupakan amalan sunat, boleh dikerjakan dan boleh pula tidak dikerjakan. Namun kalau kita memang ingin mencapai keutamaan yang tinggi maka ada baiknya mulai sekarang menetapkan niat untuk menjalankan shalat tahajud. Tanpa adanya niat yang kuat maka kita akan selalu menunda dan terus menunda hingga akhirnya lupa tak pernah menjalankan.

Kedua, shalat duha. Merupakan shalat sunat yang dilakukan pada siang hari , kira kira bisa dimulai pada jam 8 pagi hingga menjelang siang sebelum waktu shalat dzuhur tiba. Shalat duha menurut keterangan para ulama itu bisa dijadikan sebagai zakat bagi anggota badan, zakat untuk semua ruas tulang yang ada pada tubuh kita. Selain itu agama islam menganjurkan pada umatnya untuk terus melakukan shalat dhuha, karena salah satu hikmahnya bisa memperlancar rizki dan semakin menguatkan keyakinan jika hidup ini telah diatur dengan indah oleh Alloh SWT. Doa dan tata cara mengenai shalat dhuha ada baiknya kita bisa bertanya kepada ulama atau ustadz yang ada di daerah kita. Mereka dengan senang hati akan memberikan jawaban dan petunjuknya sebagaimana yang diajarkan oleh Rasululloh SAW dan sahabat sahabat beliau yang terjaga hidupnya.

Ketiga, shalat istikharah. Merupakan shalat sunat yang dilakukan ketika kita hendak meminta petunjuk kepada Alloh SWT pada urusan yang sangat penting. Shalat istikhoroh sangat baik dibiasakan ketika kita dihadapkan pada pilihan yang sulit, kita ragu dalam mengambil keputusan dan tidak begitu paham akibat dari pilihan yang kita ambil. Untuk memperkecil kesalahan yang ada maka tunaikanlah shalat istikharah pada malam hari, umumnya shalat sunat ini dilakukan 2 rakaat dengan tata cara dan doa doa khusus yang diajarkan oleh para kyai dan ustadz. Apakah dengan menjalankan shalat istikharah kita akan langsung mendapatkan jawabanatas masalah yang sedang kita hadapi? Bisa jadi begitu, misalnya anda sedang bingung mau pilih 2 calon suami, terus setelah menunaikan shalat ini dalam mimpi anda mendapat petunjuk untuk memilih si A dan meninggalkan si B.

Bagaimana kalau akhirnya tak ada petunjuk yang kita peroleh? Itu tak mengapa, para ulama memberitahukan bahwa petunjuk tidak harus datang melalui mimpi, tetapi bisa pula lewat kemantapan hati setelah menunaikan shalat. Artinya anda tak harus melihat mana yang harus dipilih tetapi ikutilah kemantapan hati ketika mengambil keputusan dan memasrahkan semuanya kepada Alloh SWT. Saat kita memang harus memilih maka pilihlah salah satu dan libatkan Alloh SWT sejak awal kita menentukan pilihan.

Keempat,shalat tarawih. Dari sekian banyak shalat sunat yang ada maka shalat tarawih termasuk yang paling sering dijalankan oleh umat Islampada bulan ramadhan. Meski ada berbagai perbedaan mengenai jumlah rakaat shalat tarawih tetapi itu bukanlah masalah, karena semua punya sandaran dan dasar hukumnya. Sebagai umat Islam kita tak perlu saling mencaci karena berbeda jumlah rakaat shalat tarawihnya, karena jika kita mau belajar lebih dalam mengenai ajaran Islam maka kita akan tahu landasan dari amalan yang dilakukan oleh orang lain. Kalau kita belajar agama hanya kulitnya saja maka yang terjadi justeru kita jadi lebih suka menyalahkan orang lain lalu menganggap dirinya yang paling hebat, paling benar dan paling sesuai dengan ajaran Islam.

Kelima, Shalat witir. Amalan shalat witir sebenarnya tidak hanya dilakukan pada bulan ramadhan, tetapi umumnya orang menjalankan shalat witir pada bulan suci yang penuh berkah itu. Shalat witir merupakan shalat sunat untuk menutup amalan shalat pada malam hari, ketika orang selesai menjalankan shalat tahajud misalnya, maka ia dianjurkan untuk menutupnya dengan shalat sunat witir. Jumlah rakaat shalat witir harus ganjil, mislanya satu, 3 atau lima rakaat atau untuk lebih jelasnya selalu tanyakan kepada para kyai yang lebih menguasai masalah amalan agama.

Keenam, Shalat jenazah. Ajaran Islam memang sebuah ajaran yang mengatur semua sendi kehidupan manusia, tak terkecuali untuk mayat pun perlu dishalati sebagaimana yang dicontohkan oleh baginda Nabi. Sebagian ulama memasukkan shalat jenazah sebagai amalan yang tergolong fardhu kifayah, artinya ketika sekelompok orang telah menjalankan maka kita jadi tidak wajib menjalankannya. Shalat jenazah akan menjadi nasehat terbaik untuk mengingatkan kita pada kematian. Siapapun kita dan sehebat apapun kita maka kelak pasti akan meninggalkan dunia ini, terus berapa amal yang telah kita siapkan sebagai bekal kematian nanti? Dengan menjalankan shalat jenazah maka hati kita yang mengeras perlahan akan luntur dan berubah menjadi lebih lembut.

Ketujuh, Shalat rawatib. Sholat rowatib merupakan shalat sunat yang dilakukan sebelum atau setelah shalat wajib dengan ketentuan dan syarat syarat tertentu. Shalat rowatib termasuk amalan yang selalu dijalankan oleh Rasululloh SAW semasa hidupnya, beliau tak pernah lupa atas shalat sunat ini. Untuk masalah jumlah rakaatnya paling sedikit dua rokaat dan paling banyak 4 rakaat. Rincian data dan tata cara tepatnya bisa ditanyakan pada para kyai dan ustad yang lebih berhak menyampaikan masalah ini. Sebab ada beberapa waktu yang tidak boleh dilakukukan untuk menunaikan shalat sunat rowatib.

Mungkin itulah 7 nama shalat sunat yang paling sering dilakukan oleh umat islam di dunia. Sebenarnya masih banyak nama shalat yang juga tak kalah hikmahnya ketika kita tunaikan, namun sebagai hamba biasa tentunya kita punya kemampuan terbatas dalam beribadah, kita hanya perlu terus belajar untuk meningkatkan diri dan menambah keimanan agar makin takut kepada Alloh SWT. Bagaimanapun dahsyatnya amalan sunat maka kita pun tak boleh lupa bahwa shalat wajib itu jauh lebih baik untuk ditunaikan. Shalat wajib harus tetap menjadi prioritas, kita tak boleh terlena karena tergiur oleh hikmah yang ditawarkan oleh shalat sunat. Semoga bermanfaat dan jika artikel ini berguna maka segera bagikan ke sahabat sahabat di facebook dan twitter. Mohon tidak melakukan copy paste agar posisi blog anda tetap aman di hasil pencarian google dan tidak dihapus oleh blogger.


TAGS sholat sunat shalat


-

Author

Follow Me