7 Sisi Misteri Bapak Nur Pamudji Jadikan PLN Bebas Korupsi

27 Oct 2013

Hallo sahabat blogterselubung.blogdetik.com tercinta, langsung saja saya lagi sangat tertarik dengan satu tokoh yang aada disamping kiri ini, kira kira siapa namanya dan kenapa saya hadirkan di blog ini ? Coba amati baik baik sinar mukanya, kesan apa yang ada pada pikiran pembaca, apakah beliau ganteng, pintar,cantik, terdidik, atau masih single mungkin, he he. Oke… daripada main tebak tebakan dengan jawaban yang tak pasti maka ijinkan saya mengenalkan dan mengupas sisi paling misteri dari sosok yang nampak disebelah kiri ini.

Beliau ini bernama Nur Pamudji, seorang yang punya idealisme tinggi untuk ikut serta memajukan bangsa dan negara. Dilahirkan di kota Malang, Jawa Timur, pada tanggal 2 Agustus 1961. Data data mengenai riwayat pendidikannya diketahui jika beliau ini pernah menuntut ilmu di ITB Bandung jurusan Teknik Elektro, melanjutkanPasca Sarjana di Fakultas Teknik pada University of New South Wales Australia tahun 1995,lalu beliau mengambil Master of Public Management dari National University of Singapore pada tahun 2003.

Bapak Nur Pamudji memang salah satu sosok yang fenomenal sekaligus selalu tampil dengan prestasi yang mengagumkan. Makanya langkah PLN untuk merekrut dirinya seperti telah ditakdirkan oleh Tuhan. Beliau mengawali karier diPLN sebagai Teknisi Sistem Operasi Pembangkit mulai tahun 1985 hingga 2001. Mulai tahun 2001beliau dipercaya oleh PLN sebagai Manajer Transmisi Area Sulawesi Selatan dan jabatan ini terus dipegangnya hingga tahun 2004.

Semakin lama kepercayaanPLN terhadap Bapak Nur Pamudji kian besar , hal terbukti dengan diangkatnya beliau sebagai Ketua Pengembangan Sistem Kompetensi SDM PLN dari 2004 hingga 2005. Karena dinilai berhasil mengatasi berbagai persoalan maka beliau pun menerima jabatan baru sebagai Manajer Sistem Operasi Pembangkit Jawa-Bali dari 2005 hingga 2008. Seiring dengan bertambahnya masalah di PLN yang mendesak untuk ditangani oleh orang yang tepat maka PLN mengambil kebijakan baru dengan memberikan kepercayaan yang lebih tinggi kepada Bapak Nur Pamudji.

Tidak hanya sekedar menjadi manajer, tetapi mulai tahun 2008 beliau menndapatkan amanah sebagai General ManagerPLN P3B Jawa-Bali, sebuah jabatan yang strategis dan pasti diimpikan oleh banyak orang,jabatan ini mampu beliau jalankan dengan baik dan terus dipegang hingga tahun 2009. Lalu setelah itu beliau kemana, apakah pensiun atau malah terkena kasus korupsi? He he

Jangan suudzon dulu kawanku… Masih di tahun 2009 juga amanah yang lebih besar dibebankan pada pundak beliau. Amanah itu berupa jabatan beliau sebagai Direktur Energi Primer pada Desember hingga berjalan kurang lebih selama 2 tahun. Setelah itu beliau akhirnya diangkat sebagai direktur utama,menggantikan posisi Bapak Dahlan Iskan yang menjabat sebagai Menteri BUMN. Terus apa sich istimewanya sosok yang bernama Nur Pamudji ini dan seberapa penting peran beliau diPLN ? Inilah alasan utama mengapa beliau saya kupas dan saya sajikan kepada pembaca blogterselubung.blogdetik.com

Beliau saya ulas disini karena ada 7 sisi misteri yang membuat Nur Pamudji begitu penting untuk dikenali,diteladani, dikupas habis habisan dan diberitakan secara besar besaran kepada segenap bangsa Indonesia. Ini dia jawabannya kawan… !!!

Pertama, Begitu dilantik menjadi Direktur UtamaPLN beliau langsung membuat gebrakan nyata untuk membebaskan PLN dari masalah korupsi. Seorang Nur Pamudji tak hanya lantang dalam bicara, tetapi Pamudji lebih banyak bekerja untuk mencapai cita citanya. Beliau inilah yang memiliki ide besar untuk mewujudkan PLN Bersih dari segala hal yang berbau korupsi, kolusi, dan nepotisme. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak beliau bicara mengenai ide besarnya untuk perubahan di PLN , sehingga dukungan pun terus mengalir, baik dari intern PLN maupun pihak pihak diluar PLN , bahkan dukungan dari manca negara yang peduli terhadap upaya pemberantasan korupsi.

Kedua, Nur Pamudji merupakan sosok yang memiliki visi dan misi yang jelas. Komitmennya kuat sekali dalam memberantas dan mencegah tindak pidana korupsi yang bisa terjadi diPLN . Nur Pamudji menetapkan sasaran yang jelas dan memastikan PLN akan menjadi perusahaan yang sehat sesuai prinsip Good Corporate Government. Nur Pamudji menyadari bahwa PLN akan bersih kalau pemimpinnya bersih, tak mungkin pemimpin kotor bisa membersihkan anak buah yang belum bersih.

Ketiga, Nur Pamudji memulai ide besarnya dalam mewujudkanPLN Bersih tidak memerintahkan kepada orang lain, tetapi beliau memulai langkah dengan membersihkan diinya sendiri. Bagi Nur pamudji prinsip keteladanan lebih penting daripada semilyar analisis mengenai upaya penanganan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Makanya jangan aneh kalau kemudian segenap jajaranPLN akan segan ketika hendak melakukan tindak korupsi.

Keempat, Nur Pamudji tak hanya menyuarakan programPLN Bersih dalam empat pilar yang selama ini sudah cukup dikenal. empat pilar yang dimaksud adalah partisipasi,integritas,transparansi, dan akuntabilitas. Ada banyak orang yang memahami makna dari empat pilar ini tetapi penerapan yang sukses masih sangat langka. Nur Pamudji merupakan salah satu sosok yang mampu mengaplikasikan empat pilar tadi, bahkan beliau berhasil mengubahnya menjadi budaya kerja diPLN .

Kelima, Nur Pamudji adalah tipe pemimpin yang takut pada Tuhan. Baginya Tuhan adalah segalanya, beliau tak pernah gentar untuk melawan siapa saja yang hendak menjadi penghalang programPLN Bersih. Baginya PLN yang terbebas dari praktek PLN merupakan harga mati yang tak mungkin ditawar tawar lagi.Bahkan lewat kerja samanya dengan Transparency International Indonesia beliau mengajak semua pihak untuk benar benar serius dalam menangani masalah korupsi, sekaligus beliau menyampaikan langkah langkah nyata yan telah dan sedang berjalan di PLN .

Keenam, Ketulusan dan kerja keras Nur Pamudji akhirnya membuahkan penghargaan yang sangat sulit diperoleh oleh orang lain. Beberapa waktu lalu beliau menerima Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) 2013. Penghargaan ini merupakan salah satu bukti jikaPLN yang dipimpinnya memang bersih, sehat , dan kuat dimata orang lain. Beliau berhasil membuktikan kepada semua pihak bahwa pada dasarnya semua perusahaan negara juga bisa bersih asal ada kesungguhan dan kerja sama yang sistematis di atas prinsip keteladanan.

Ketujuh, Ini adalah misteri yang terakhir mengenai Bapak Nur Pamudji, apa itu kawan ? Ternyata kita sebagian dari kita baru tahu kalau kita belum sempat mengucakan selamat untuk sosok yang sangat luar biasa ini. Mari ucapkan dulu selamatnya kawan… ” Selamat ya pak, sungguh kami terharu atas langkah langkah cerdasyang Bapak lakukan. Kami percayaPLN Bersih bukan sekedar program, bukan sekedar gerakkan, tetapi kami yakin apa yang tekah Bapak perjuangkan bersama segenap elemen diPLN akan memberi motivasi besar untuk pemimpin pemimpin di negeri ini”


TAGS PLN Bersih #PLN Bersih PLN


-

Author

Follow Me