7 Gebrakan Jenius Seorang Blogger Dalam Mendukung Program PLN Bersih

27 Oct 2013

Sahabat pembaca blogterselubung.blogdetik.com yang berbahagia… tak terasa blog ini terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan, jumlah pengunjung terus meningkat dan hingga ini sudah di atas 18.000 kunjungan, padahal jika dilihat dari tanggal pembuatanblog ini maka masih sangat mudah diingat, yaitu tepatnya pada tanggal 17 Oktober 2013. Tepat pada saat tulisan ini dibuat jumlah orang yang berkunjung ke blogterselubung.blogdetik.com berada pada angka 18.487, terus apa makna semua ini dan apa hubungannya dengan judul panjang yang sedang sahabat pembaca simak ini ?

Begini sahabatku yang baik… sebagai blogger biasa penulis tak memiliki cita cita yang terlalu muluk muluk, takutnya tidak tercapai, bukannya takut gagal tetapi saya menyadari masih begitu banyak hal yang harus dipelajari. Sejak awal pembuatanblog ini saya hanya ingin menjadikannya sebagai media untuk sharing hal hal yang ringan, termasuk juga isu mengenaiPLN Bersih yang kini sedang hangat dibicarakan oleh bloggerIndonesia.

Sebelum tulisan ini saya lanjutkan dan masuk ke pembahasan utama maka ijinkan saya meminta kesediaan pembaca agar setelah selesai membaca tulisan ini berkenan untuk memberikan komentar, mengapa? Karena tulisan saya kali ini berbeda dengan biasanya, komentar pembaca pada artikel ini merupakan salah satu bentuk kepedulian yang akan memberikan masukan positif terhadap upaya PLN yang berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang bersih dari praktek korupsi,kolusi, dan nepotisme. Baiklah sahabat… mari kita kupas habis 7 gebrakan yang sebaiknya diambil oleh blogger untuk mendukung komitmenPLN. Inilah 7 pendapat dan pandangan pribadi saya pada gerakan Blogger Dukung PLN Bersih:

Pertama, Tiap orang yang mengelola atau memiliki blog hendaknya selalu meningkatkan diri menjadi blogger yang berkualitas.Pemilik blog berkualitas menurut saya adalah mereka yang secara konsisten mengelola blog dan memiliki basis pembaca setia dalam jumlah yang memadai. Untuk mewujudkan hal ini setiap blogger harus mau untuk terus belajar,tidak sekedar menulis dan membagikan foto, tetapi bersedia untuk mempelajari hal hal yang akan meningkatkan kualitasnya. Gebrakan pada point pertama ini sangat penting dan akan memudahkan kita dalam mendukung komitmenPLN menjadi PLN Bersih.

Mungkin dalam hati pembaca timbul satu pertanyaan lho cuma mau dukung komitmenPLN kok harus repot repot belajar mengenai optimalisasiblog , bukankah tinggal dikupas saja dan tinggal membuat tulisan yang semenarik mungkin,, kalau perlu memberi tambahan dengan memujiPLN agar mereka salut dengan kita? Ha…ha.. Pujian memang penting kawan tetapi ada yang lebih penting lagi, kita tetap harus obyektif dalam mendukung dan tak seharusnya membuat sebuah review yang pada akhirnya akan menyesatkan orang orang yang mengunjungiblog kita.

Oh begitu.. tetapi saya tidak ambil pusing kok, karena situs saya sepi dan tak punya visitor nyata,yang ada cuma satu pengunjung, itu juga saya sendiri yang rajin mengunjungi pada saat mau update artikel baru? Oke… disinilah masalah utamanya, blogger diminta untuk mendukung gerakanPLN Bersih tentu karenaPLN percaya setiap blogger itu memiliki basis pembaca yang unik. Agarblog yang kita kelola benar benar memiliki pembaca yang unik maka upaya keras untuk mengoptimasiblog menjadi keharusan yang tak bisa ditawar oleh seorang blogger. Bagaimana apakah rekan setuju dengan pendapat saya ini, jika iya maka mari kita hubungkan dengan point kedua berikut ;

Kedua, Membangun artikel yang bermutu dengan temaPLN Bersih. Apa yang kini sedang menjadi komitmenPLN tak akan bisa populer lewat dunia maya jika berita yang mereka miliki tak pernah dipublish pada web web yang berkualitas. Web ataublog akan menjadi berkualitas karena didukung oleh konten yang berkualitas, backlink yang berkualitas dan kekuatan social media yang berkualitas pula. Maka gebrakan yang kedua ini akan memudahkan blogger untuk menyebarkan segala berita, info,isu, dan masah apapun hingga apa yang mereka tulis akan mudah ditemukan pengunjung lewat bantuan mesin pencari.

Jika kita menyadari akan hal ini maka mulai saat ini pemilikblog tidak cukup hanya dengan membuat tulisan, tetapi blogger harus bersedia meluangkan waktu untuk membangun backlink yang sekuat kuatnya.Gebrakan kedua ini sangat bermanfaat untuk membendung pihak pihak yang kurang setuju dengan upaya positif dariPLN. Lho kok bisa, memang ada pihak yang tak suka dengan komitmen baik dariPLN dengan empat pilar programnya? Tentu saja ada kawan…. karena empat pilar dari programPLN Bersih diyakini akan mampu menyapu bersih pihak pihak yang dapat menghancurkanPLN dari dalam. Untuk masalah empat pilar program dariPLN Bersih bisa kawan pelajari pada salah satu artikel ini, silahkan klik disini

Nah bagaimana jadinya ketika pihak pihak yang tidak suka dengan Empat Pilar ProgramPLN Bersih lebih mampu menguasai media online sebagaimana yang penulis gambarkan di atas, bukankah itu sama saja tulisan atau ulasan mereka akan lebih banyak dibaca orang dibandingkan dengan tulisan obyekif padablog blog yang tidak kuat secara ilmu SEO ? Itulah mengapa saya berpendapat bahwa gebrakan ketiga di bawah ini menjadi lebih penting lagi ;

Ketiga, Blogger perlu memiliki wadah resmi yang terorganisasi secara rapi. Apakah saat ini sudah ada lembaga atau organisasi resmi yang mewadahi blogger blogger di Indonesia ? Ternyata belum ada kawan… jumlah blogger di Indonesia sudah mencapai 5 jutaan dan terus bertambah setiap harinya. Jika rekan pahami pada dua point sebelumnya maka gebrakan yang ketiga ini menurut saya sangat penting, kita akan menjadi satu kesatuan yang memiliki kekuatan dahsyat untuk mendukung upayaPLN Bersih dengan cara yang sangat mengagumkan. Bahkan bila benar wadah yang menyatukan kekuatan blogger ini bisa diwujudkan makaPLN tak akan pernah kesulitan untuk menyampaikan komitmennya kepada seluruh masyarakat dari pelosok desa hingga ke pusat kota.

Bahkan secara pribadi saya berharap agarPLN dan blogdetik.com bisa menjadi motor penggerak untuk lahirnya wadah resmi bagi seluruh blogger di Indonesia. Inilah momen yang akan sangat bersejarah bagiPLN dan akan selalu dikenang oleh semua blogger di Indonesia dimasa masa selanjutnya. Karena saya memandang bahwa programPLN Bersih tak boleh hanya sebatas formalitas, tidak musiman dan hanya demi brand positif di masyarakat, tetapi yang lebih penting lagi adalah bahwa programPLN Bersih tidak kehilangan ruhnya dan benar benar bisa diwujudkan sebagaimana yang tergambar dalam 6 inisiatif dan tindakan yang telah dilakukanPLN. Sebagai blogger kita patut memberi acungan jempol kepadaPLN yang telah melaksanakan 6 inisiatif yang saya gambarkan sebagai berikut :

1. Membuat sistem pelayanan yang transparan dengan meminimalkan pertemuan antara pegawaiPLN dengan para pelanggan. Langkah ini telah berhasil dilakukan olehPLN hingga mereka pun layak disebut sebagai perusahaan yang bersih dari praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme. Inisiatif ni secara cerdas telah diwujudkan denga lahirnya situs web resmi yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan pemesanan pasang baru, tambah daya, pemasangan sementara secara online lewat situs http://www.pln.co.id/pbpd/index.php. Pelanggan dari seluruh nusantara bisa memanfaatkan layanan ini tanpa harus bertemu dengan pegawaiPLN.

2. Melakukan perubahan aturan dalam hal pengadaan barang dan jasa. Semua aturan pengadaan barang dan jasa yang tidak relevan dengan ProgramPLN Bersih telah dirombak secara besar besaran olehPLN. Mereka melakukan revolusi dengan penuh kesungguhan dan mempersempit ruang gerak pihak pihak yang bisa menghambat terwujudnya programPLN Bersih.

3. Membuat sistem penanganan keluhan pelanggan yang lebih sederhana. Penyederhanaan proses penanganan keluhan pelanggan diwujudkan dengan layanan Contact Center 123, dibuatnya halaman resmi facebookPLN atau tepatnya bisa dikunjungi disnihttps://www.facebook.com/cc123pln dan juga akun resmi twitterPLN dengan alamat @pln123 . Dengan adanya layanan yang lebih sederhana ini maka setiap pelangganPLN bisa langsung menyampaikan keluhan mereka tanpa harus menunggu ada waktu untuk datang ke kantor cabangPLN. Tidak harus ada di rumah, tetapi dimanapun mereka bisa menyampaikan masalahnya kepadaPLN secara online dan real time.

4. Membangun Wishler Blower System khusus bagi karyawanPLN. Untuk mendapat pengertian mengenai hal ini maka kemarin saya bertanya kepada salah satu pimpinan cabangPLN. Menurut beliau yang namanya wishler blower ini dirancang untuk mencegah setiap upaya yang bisa mengarah ke tindakan korupsi atau hal hal yang akan membawa kehancuran perusahaan. Dengan penerapan sistem ini maka perusahaan akan semakin sehat dan berwibawa dimata semua pihak.

5. Memudahkan semua karyawan yang ingin menyerahkan barang terindikasi gratifikasi

6. Melakukan multi stakeholder forum dengan membuat komitmen dan deklarasi bersama untuk tidak melakukan suap dan korupsi. Jelas ini langkah yang sangat positif dan perlu diteladani oleh pihak lain. BagaimanaPLN telah sukses menjalankan hal ini dan secara nyata telah memberi dampak hebat hinggaPLN menjadi bersih seperti sekarang ini.

Keempat, Membangun komunitas lewat situs jejaring social. Gebrakan untuk membangun komunitas melalui situs jejaring social akan memudahkan para blogger untuk menyampaikan programPLN Bersih. Kini pembaca lebih suka terhubung melalui facebook dan twitter daripada memakai layanan sms/telepon, tak terkecuali juga para pelangganPLN , pasti mereka juga asyik memanfaatkan layanan social media. Saya memandang bahwa orang orang yang ada di social media cenderung lebih percaya kepada temannya daripada ke perusahaan. Orang lebih suka meminta pendapat teman daripada harus bertanya langsung kepada perusahaan.

PLN , sebagai perusahaan negara pasti memerlukan dukungan yang kuat dari pelanggan pelanggannya,PLN tidak cukup hanya dengan membuat halaman facebook atau akun twitter, tetapi ada hal yang lebih penting dari itu, yaitu bagaimana mereka bisa selalu menyentuh para pelanggan kewat rekomendasi dari blogger blogger yang punya basis komunitas di social media.Saya berpendapat bahwa jika ini terlaksana maka akan makin banyak orang yang memberi nilai positif untuk semua implementasi dari programPLN Bersih.

Kelima, Blogger perlu membuat kontrak positif dengan programPLN Bersih. Sebagai sukarelawan maka posisi blogger bisa disalahgunakan oleh pihak pihak yang tidak sejalan dengan program jenius dariPLN . Untuk mencegah hal ini terjadi maka antara blogger Indonesia denganPLN dipandang penting untuk menjalin kerja sama jangka panjang. Sebab programPLN Bersih inilah yang selama ini dikehendaki oleh masyarakat, ketika masyarakat mengeluh dan enggan untuk menyampaikan keluhannya kepadaPLN secara langsung maka kemungkinan besar mereka akan curhat lewat situs jejaring social.

Atau mereka akan mencari artikel artikel yang mengupas sisi lain dariPLN . Sudah bisa ditebak bahwa pelanggan akan lebih menyukai berita negatif daripada langkah positif yang telah berhasil dilakukan olehPLN . Dalam situasi seperti ini maka blogger bisa memberikan pembelaan obyektif sesuai dengan tujuan dari programPLN Bersih. Dengan adanya kerja sama yang saling menguntungkan dan komitmen baik untuk sama sama memerangi masalah korupsi, kolusi dan nepotisme diPLN maka kontrak antaraPLN dan blogger sangat mendesak untuk dijalin.

Keenam, setiap blogger perlu mengupas tokoh tokohPLN yang berhasil membongkar kasus KKN. Masyarakat sangat menyukai figure orang orang yang dipandang hebat atau jahat. Tokoh jahat dan tokoh hebat selalu menjadi bahan pembicaraan ditengah tengah obrolan mereka. Tindakan ini akan memancing orang untuk membagikannya lewat akun social media yang mereka miliki. Sekaligus mereka akan bangga bahwa upayaPLN untuk menjadi perusahaan negara yang bersih bukan sekedar isapan jempol semata. Bahkan ketika pembaca telah terbangkitkan emosinya seusai membaca tokoh yang layak diberi gelar pahlawan itu, mereka akan mengajak semua teman untuk mendiskusikannya, bercerita kepada keluarga dan pada akhirnya akan berimbas untuk mendukung programPLN Bersih sebagaimana yang kini sedang dilakukan olehPLN .

Ketujuh, blogger yang menjadi pendukung programPLN Bersih harus terus meningkatkan pemahamannya mengenaiPLN . Semua pilar dan program program yang ada padaPLN Bersih tak cukup hanya dibaca, namun wajib dipahami dengan terus melakukan komunikasi secara aktif hingga keberhasilan dari program tersebut layak dimuat dalam review seorang blogger. Blogger tetap harus berdiri untuk semua pihak, siap memberi masukan positif untukPLN dan tidak perlu memberikan dukungan apapun ketikaPLN tidak lagi konsisten dengan visi dan misinya.SelamaPLN berdiri dan membuat program untuk kebaikan semua pelanggan maka blogger Indonesia wajib mendukungnya. Karena dari blogger blogger inilah masyarakat kita mendapatkan berita.

Mungkin hanya ini yang bisa penulis sampaikan, sebagai blogger kecil yang jauh dari kesempurnaan maka saya hanya berharap agar listrik tidak terlalu sering mati, kalau memang harus mati tetapi itu demi perbaikan layanan untuk para pelanggan maka rakyat kecil seperti saya akan bisa memahami. Satu doa di akhir tulisan ini untukmuPLN , inilah doa penulis… :

Tuhanku… terima kasih atas semua nikmat dan karuniamu hari ini, berikan kekuatan terbaikMu untuk orang orang yang kini memimpinPLN , limpahkan tetes demi tetes petunjukMu agar hati mereka tetap suci, gentarkan hati mereka kepadaMu, karena sebaik apapun program PLN Bersih tak akan berarti andai pemimpinnya tak lagi takut kepadaMu. Ya Tuhanku… jadikan mereka pelayan pelayan terbaik untuk rakyat Indonesia dan berikanlah curahan balasan besarMu agar mereka selalu tulus dalam melayani. Amiin,amiin, amiin. Terima kasih.


TAGS PLN Bersih PLN blogger blog


-

Author

Follow Me