7 Alasan Mengapa Masyarakat Kini Menyukai Jokowi

17 Oct 2013

Joko Widodo boleh jadi dianggap sebagai musuh besar bagi para pesaingnya, terutama bagi segelintir tokoh yang saat ini berambisi untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden di tahun 2014. Namun Jokowi tetaplah joko ditambah wi, beliau tak pernah gentar atau jadi kehilangan kendali ketika banyak orang mulai memusuhi dirinya. Jokowi tetap melaju bagaikan kilat yang menyambar dan mengagetkan siapapun yang sebelumnya merasa paling kuat dan paling hebat pengaruhnya di negeri ini. Saya menulis hal ini hanya sebagai penghibur dan ingin mengungkapkan tujuh alasan penting yang dimiliki wong cilik hingga mereka jadi begitu tergila gila pada Jokowi. Inilah alasan yang saya maksud kawan…

Pertama,Jokowi merupakan sosok pemimpin yang cantik jelita, he he. Tetapi penulis melihat sisi kecantikan beliau dari kepribadian mulia yang dimiliki. Saat ini masyarakat sudah bosan muka yang dipoles dengan segudang bedak, masyarakat tak lagi respek kepada pemimpin yang kecantikannya diperoleh dari polesan bedak hingga lapis ketujuh. Yang masyarakat inginkan adalah sosok pemimpin yang apa adanya dan mau bertindak setegas tegasnya dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada. Masyarakat kecil seperti saya hanya berharap agar pemimpin di negeri ini tidak lagi bertindak over dengan polesan bedak bermerk untuk menutupi noda hitam yang ada di wajahnya. Makanya jangan heran kalau Jokowi saat ini bak bunga desa yang jadi rebutan semua pria tampan.

Kedua, Jokowi tidak terlalu banyak bicara tetapi langsung bekerja begitu terpilih sebagai orang nomor satu di Jakarta.Beliau tak segan segan untuk mengubah kebijakan yang tak berpihak kepada rakyat dan tak gentar dengan pihak pihak yang keberatan dengan kebijakan barunya. Hal hal yang dialukan oleh Jokowi bukanlah tindakan yang revolusioner, bukan pula suatu program yang bombastis, tetapi apayang kini sedang beliau kerjakan itu adalah hal yang menjadi harapan rakyat kecil.Kalau wong cilik saja sudah bisa sejahtera tentu kita tak perlu bertanya bagaimana tingkat kehidupan orang orang yang berada di level menengah ke atas. Jokowi bekerja dan berjuang untuk membawa perubahan bagi rakyat, rakyat yang tertindas dan rakyat yang selama ini kurang mendapat kesempatan untuk berkembang.

Ketiga, Jokowi merupakan tipe kekasih yang sederhana, setia, murah senyum dan romantis. Wah sok tahu banget penulis ya, he he, tetapi saya memang menduga demikian, kekasih yang setia rata rata tak akan melakukan langkah bodoh yang merugikan orang lain. Ia akan mendapat dukungan penuh dari pasangannya. Pikirannya juga simple, tidak suka dengan hal hal yang ujung ujungnya membuat suasana jadi runyam. Kesederhanaan seorang Jokowi sangat kentara, beliau selalu tampil sederhana hingga rakyat pun senang berada di dekatnya.Intinya Jokowi tak membuat jarak dengan rakyat, baginya rakyat adalah amanah yang harus disejahterakan dengan segenap kemampuan yang beliau miliki.

Kelima, Jokowi mau membaur dengan rakyat. Beliau bukan tipe pemimpin yang minta dilayani, jokowi telah menempatkan dirinya sebagai sosok pelayan yang tunduk kepada majikan. Baginya rakyat yang dipimpin adalah majikan yang paling pantas untuk dilayani, walau ada pihak yang tak sejalan dengan gaya kepemimpinannya tetapi selama rakyat ada dibelakangnya maka beliau akan melabrak siapapun hingga tuntas. Sikap seperti ini tentu yang selama ini dirindukan oleh rakyat, rakyat tak butuh dengan janji tetapi mereka perlu pemimpin yang peduli sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh Jokowi.

Keenam. Sejalan dengan alasan pada poin kelima maka hal lain yang membuat rakyat jatuh hati kepada Jokowi adalah karena beliau sosok pemimpin yang rendah hati. Mungkin ada sebagian pembaca ada yang masih ingat bagaimana dulu beliau terlibat perseteruan dengan Bibit Waluyo, mantan Gubernur Jawa Tengah saat Jokowi masih jadi walikota solo. Setelah beliau dialntik menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan rendah hati beliau meminta maaf kepada Bibit, yang dianggapnya sebagai orang yang lebih tua. Rakyat saat ini memang rindu pemimpin yang seperti ini, mereka butun pemimpin yang mau mengalah dan tidak pongah kepada orang yang lebih tua meski ia telah punya kedudukan yang lebih bergengsi.

Dan alasan yang ketujuh kenapa Jokowi makin disukai rakyat adalah karena kuasa Tuhan.Ini mungkin faktor yang paling penting yang tak bisa dilawan oleh kekuatan manapun. Tuhan telah mengilhami hati masyarakat Indonesia dengan hadirnya sosok Jokowi di negeri ini. Sebagai manusia yang beriman dan percaya akan kebesaran Tuhan maka sekali lagi kita harus yakin bahwa popularitas yang ada pada diri seorang tokoh bukan murni akibat upaya pencitraan. Tak semua upaya pencitraan mendatangkan popularitas, yang harus kita lihat adalah siapa yang dicitrakan,bagaimana track recordnya dimasa lalu dan lain sebagainya.

Maka kita semua tak perlu kaget jika kini berbagai lembaga survei selalu menempatkan Jokowi sebagai kandidat terkuat capres 2014, walau hingga detik ini belum ada tanda tanda jika Jokowi akan maju dalam pencalonan di tahun 2014 mendatang. Sebagai penutup saya hanya ingin menmbahkan bahwa masyarakat kita hanya menghendaki pemimpin yang jujur dan apa adanya, masyarakat rindu kehadiran pemimpin yang mampu membawa perubahan bagi masa depan bangsa ini.

Komentar atau pandangan sahabat pembaca bisa ditambahkan di bawah ini, jangan lupa untuk membagikan artikel yang sederhana ini ke rekan rekan yang ada di facebook atau twitter. Dan bagi rekan yang ingin mengcopy paste tulisan ini maka wajib mencantumkan link aktif ke http://blogterselubung.blogdetik.com Terima kasih dan mohon maaf kalau ada kata kata yang kurang berkenan.


TAGS harapan manusia cinta


-

Author

Follow Me